ES KRIM TALAS THP RAIH PENGHARGAAN


Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Umsida memang cukup kreatif dalam pengolahan pangan. Buah kreativitas mereka dibuktikan pada Lomba Gelar Produk Teknologi Pangan Nasional yang merupakan event tahunan di Universitas Pembangunan Nasional. Acara tersebut merupakan ajang lomba kreativitas bagi mahasiswa-mahasiswa di bidang pengolahan pangan, gizi,dan kesehatan.
Meskipun baru pertama kali,dengan percaya diri Prodi THP mendaftarkan 3 kelompok peserta lomba pada ajang kali ini yang diselenggarakan tanggal 14 Juni 2012.  Kelompok tersebut adalah es krim talas; jelly drink rosella dan klepon warna warni.  Ketiganya merupakan hasil penelitian mahasiswa THP semester akhir yang dianggap cukup layak dilombakan. Selain itu, THP juga memamerkan produk unggulan mahasiswa yang telah dipasarkan yakni nata de coco.
Es krim talas  akhirnya meraih juara Harapan kedua dari 18 peserta. Tampilan yang cukup rapi , kesiapan peserta dalam menjelaskan produknya dan kelayakan produk secara ekonomis merupakan penilaian para juri.  Talas atau bote dalam bahasa Jawa merupakan komoditi yang saat ini mungkin” dilupakan” orang terutama remaja dan anak-anak.  Pengolahannya menjadi kudapan yang modern dan disukai diharapkan dapat mengangkat nilainya. (Ida Saidi)