Konsultasi mendesain taman



Assalamu’alaikum Wr Wb,
Redaksi Yth,
Saya suka sekali memelihara tanaman, baik tanaman buah-buahan maupun tanaman hias. Hobby ini bahkan kadang-kadang bisa mendatangkan penghasilan kalau ada yang berminat pada koleksi saya.  Yang jadi masalah ialah bila ada yang minta untuk sekalian  menatanya di taman rumahnya.  Apa saja yang harus diperhatikan untuk mendesain taman agar bisa sedap dipandang ?

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
                                                                      Ibu Ela Wibisono, Candi, Sidoarjo

Wa alaikumsalam Wr. Wb.,
Bu Ela yang rajin, banyak hal sebenarnya yang harus dilakukan dan diketahui sebelum membuat taman. Pengetahuan teknis menanam tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman tentunya ibu sudah tahu. Dalam merencanakan suatu taman, mula-mula kita harus melihat dulu lokasinya, menyangkut luas, bentuk, adanya bangunan, dan lain-lain.  Selera atau keinginan pemilik juga harus dipertimbangkan.  Setelah itu baru bisa dibuat gambar desainnya.
Dalam mendesain taman , ada beberapa prinsip yang harus dipegang, yaitu sebagai berikut :
-          Ada kesatuan (unity), yakni elemen-elemen taman seperti tanaman, patung, bangku taman dll diatur sedemikian rupa sehingga menyatu , utuh dan harmonis. Taman depan, samping rumah, maupun belakang yang tampak satu pandangan hendaknya ditata senada.  Demikian juga menyatu dengan halaman tetangga dan bentuk bangunan rumah.
-          Ada keseimbangan (balance). Yang dimaksud adalah keseimbangan daya tarik antara bagian-bagian taman. Untuk taman rumah biasanya diterapkan keseimbangan asimetrik, yang memberikan kesan lebih halus dan tidak formal.
-          Ada aksen (focal point).  Ada elemen atau komposisi elemen yang mempunyai daya tarik di tempat-tempat tertentu, misalnya ada patung, kolam, air mancur, tanaman berbunga indah dan dll. Kalau tidak ada, rancangan bisa membosankan.
-          Ada irama (Rithme) dan urutan (sequence).  Irama dapat diciptakan dengan menempatkan elemen lain (patung) di antara deretan tanaman, atau urutan bergantian antara keleompok tanaman berdaun merah dengan yang berdaun hijau.
-          Proporsi yang tepat.  Dalam memilih elemen pengisi taman, ketepatan skala sangat penting, sehingga tidak ada elemen yang terlalu besar sehingga mendominasi , atau terlalu kecil sehingga tidak berarti dalam desain.

Demikian, bu Ela, mudah – mudahan dapat dimengerti, dan pesanan tamannya bertambah.

Pengasuh : Ida Agustini S