CAPPUCCINO, HHMMMM NIKMAT



Cappuccino sering kita dengar, bahkan barangkali di antara kita sudah sering kali menikmati kelezatannya. Dalam acara coffee party misalnnya, beberapa saran penyajian kopi  ada bermacam-macam seperti kopi susu, kopi hitam, kopi mocca, nah salah satunya adalah kopi cappuccino.

Apa itu cappuccino ?
Gambaran sederhananya , kopi cappuccino terdiri dari seduhan kopi, gula putih, susu cokelat, dan taburan serbuk coklat sehingga perpaduan antara rasa kopi dan cokelatnya fifty-fifty. Nah gambaran lengkapnya adalah minuman yang disajikan  dari espresso, susu panas dan busa susu panas.  Espresso (bahasa Itaia) sendiri adalah kopi yang dikonsentrasikan (sangat pekat) yang dibuat dengan menyemburkan air yang sangat panas, tetapi tidak mendidih ke kopi di bawah tekanan tinggi. Pembuatan minuman (brewing)  kopi seperti ini dikembangkan di Milan dan sekarang sudah biasa dibuat dengan mesin atau cukup dengan coffee maker.
Cappucino biasanya disajikan dengan  cangkir porselin yang memiliki sifat menahan panas lebih kuat dibanding gelas atau kertas. Busa di atas cappucino bertindak sebagai  insulator, sehingga cairan di bawahnya dapat tetap hangat. Busa susu biasanya dibuat setebal kira-kira 2 cm di atas espresso.
Variasi campuran Cappuccino  ada yang disebut cappuccino chiaro atau light cappuccino yang susunya lebih banyak dari normal dan cappuccino scuro atau dark cappuccino atau dry cappuccino bila susunya di bawah normal.. Versi dinginnya cappuccino disebut Cappuccino Freddo, bila di atasnya diisi kocokan susu dingin.
Dari Italia dan menjadi populer  !!!
Minuman ini dikenal pada awal 1900an di Italia, dan semakin populer dengan semakin  banyaknya  mesin espresso di cafe-cafe pada akhir Perang Dunia II.  Sajian cappuccino dalam bentuknya seperti saat ini sudah berkembang mulai tahun 1950an.
Di Italia, cappuccino biasanya disajikan pagi hari sebagai bagian dari makan pagi dengan croissant (sejenis pastry). Biasanya orang-orang Italia tidak minum cappuccino dengan makanan selain makanan pagi.  Di banyak negara, cappuccino sering disajikan sepanjang hari. Di Amerika Utara,  cappuccino disajikan setelah makan malam, bahkan hal itu dilakukan di restoran Italia sekalipun.
Hhmmm, kapan saja,  dimana saja, minumnya CAPPUCCINO

Penulis : Ida Agustini S