Konsultasi Pangan : Cincau

Assalamu’alaikum Wr Wb,
Redaksi Yth,
Di dekat rumah saya, ada penjual cincau yang segar sekali.  Karena kami sekeluarga suka, kami ingin sekali bisa membuat minuman itu sendiri.  Pernah kami coba mencari daun cincau di tempat yang ditunjukkan oleh tetangga, daunnya besar-besar dan kasar.  Kami coba meremas-remasnya dalam air dan menunggu beberapa jam, tetapi hasil akhirnya sangat tidak memuaskan.  Cincau tetap cair, hanya sedikit mengental, dan keluar air terus dari bagian yang kental.  Bagaimanakah cara pembuatan cincau yang benar  dan apakah benar ciri-ciri daun cincau seperti yang kami gambarkan ?

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
                                                                      Ibu Eko F.,  Sidoarjo


Wa ‘alaikumsalam Wr. Wb.,
        Ibu Eko , pengalaman ibu pernah juga saya alami, baiklah  pertanyaan ibu akan kami jawab satu persatu. :
-             Daun yang digunakan untuk membuat minuman cincau hijau dapat berupa daun tanaman cincau hijau (Cyclaea barbata); cincau perdu (Premma serratifolia) atau cincau minyak (Stephania hemandifolia). Namun yang banyak digunakan adalah cincau hijau dan cincau perdu.  Daun cincau hijau berbentuk hati, berdaun tunggal, tipis dan permukaan daunnya berbulu halus. Daun cincau perdu  merupakan daun tunggal berbentuk kaku, lonjong.  Melihat cirri-cirinya, kemungkinan yang ibu gunakan kemungkinan adalah daun cincau perdu
-             Untuk pembuatannya, diperlukan daun yang masih segar, yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.  Daun yang sudah dipetik, dicuci bersih, kemudian diseduh air panas supaya layu.  Daun yang telah layu, kemudian dirajang atau dicincang sambil ditambah air secukupnya dan diremas-remas hingga membentuk gel.  Kemudian disaring dan dituang ke cetakan dan didiamkan sampai mengental.  Proses pengentalan berlangsung 2 – 4 jam.
-             Bagi cincau perdu, karena daunnya lebih kasar, setelah dipetik perlu didiamkan 3 – 4 hari, kemudian baru diikuti dengan prosedur seperti di atas.
-             Agar hasilnya lebih kental dan padat dapat ditambahkan zat pemantap seperti CaCl, Ca sitrat dan lain-lain.  Dapat juga digunakan larutan kapur sirih dengan takaran 1 -2 sendok makan cairan untuk 2 – 3 liter bahan.  Waktu simpan cincau hijau ini hanya 1 -2 hari.

Demikian jawaban kami, semoga ibu puas dan dapat mencoba lagi.


Pengasuh : Ida Agustini S.